Pria Amerika Tolak Permintaan Tunangan Korea, Tuai Kritik di Media Sosial

Sebuah unggahan di komunitas Reddit, r/korea, menjadi viral. Unggahan tersebut memperlihatkan tangkapan layar dari subreddit r/AITA (“Am I The Assh*le”) yang meminta pendapat warganet tentang apakah penulis melakukan kesalahan atau tidak.

Penulis yang tidak disebutkan namanya menjelaskan bahwa ia, seorang warga negara Amerika, bertunangan dengan seorang wanita Korea-Amerika. Masalah muncul ketika tunangannya meminta penulis untuk membungkuk 90 derajat kepada kakek-neneknya saat mereka bertemu di Korea Selatan.

“Tunanganku adalah orang Korea-Amerika, dan aku orang Amerika. Kami sudah bertemu orang tua masing-masing sebelumnya, dan dia sudah bertemu kakek-nenekku, tetapi aku belum bertemu kakek-neneknya karena mereka tinggal di Korea. Kami berencana melakukan perjalanan ke Korea segera setelah memungkinkan agar aku bisa bertemu kakek-neneknya. Dia memintaku untuk membungkuk kepada kakek-neneknya saat kami bertemu, karena menghormati orang tua merupakan hal yang penting dalam budaya Korea. Bukan hanya membungkuk biasa, tetapi membungkuk 90 derajat penuh.”

Penolakan dan Alasan

Penulis langsung menolak permintaan tunangannya, dengan alasan bahwa hal itu “melemahkan” dan ia tidak akan pernah membungkuk kepada siapa pun. Tunangannya menjelaskan bahwa membungkuk merupakan bagian dari budaya Korea. Namun, penulis tetap menolak permintaan tersebut.

“Aku bilang aku lebih suka tidak melakukannya karena aku merasa itu melemahkan dan aku tidak membungkuk kepada siapa pun. Dia mengatakan bahwa itu penting untuk budayanya, tetapi aku menunjukkan bahwa dia tidak membungkuk kepada kakek-nenekku atau orang tuaku. Aku hanya berpikir itu munafik jika aku diharapkan membungkuk kepada kakek-neneknya sementara dia tidak membungkuk kepada keluargaku. Kakek-neneknya bukan ataskanku hanya karena usia mereka, mengapa aku harus membungkuk? Dia mengatakan itu hanya hal kecil yang bisa kulakukan untuk mendapatkan rasa hormat mereka, tetapi aku berkata jika itu sangat kecil, tidak masalah jika aku tidak melakukannya. Dan bahwa aku menghargai diriku sendiri dan itulah mengapa aku tidak akan membungkuk, dan dia harus menghormati keputusanku. Dia pikir aku bajingan karena itu. Apakah aku bajingan?”

Kritik Warganet

Warganet di r/Korea dengan cepat menjawab pertanyaannya dengan jawaban yang tegas, “Ya.”

Mereka terkejut dengan penolakan penulis, dengan mengatakan bahwa dalam budaya Korea, menunjukkan rasa hormat kepada mertua adalah “tanda kerendahan hati dan rasa hormat yang tulus” yang akan sangat berarti bagi mereka. Bahkan ada membungkuk yang mencapai lantai, jadi membungkuk 90 derajat sambil berdiri masih merupakan permintaan yang ringan.

Banyak yang menyatakan bahwa tidak dapat melakukan permintaan ini merupakan tanda bahaya. Mereka mencatat bahwa penulis memiliki “konsep maskulinitas yang rapuh” dan “kurangnya kompetensi budaya.” Mereka menegaskan bahwa membungkuk bukanlah ekspresi ketundukan, tetapi tanda penghormatan yang signifikan bagi kakek-nenek dan pacarnya. Dalam budaya Amerika, hal ini mirip dengan berjabat tangan.

Pilihan penulis untuk memprioritaskan harga dirinya di atas calon istrinya mengejutkan mereka, terutama karena “tidak akan membunuh [dia]” untuk membungkuk sekali saja demi tunangannya.

Seperti yang disebutkan oleh banyak warganet pada unggahan asli, daripada melemahkan, membungkuk 90 derajat kepada kakek-nenek tunangannya adalah tindakan yang lebih jantan.